Jelang Libur Panjang Lebaran, RSUP Adam Malik Siagakan Lima Dokter dan Pelayanan Tetap Berjalan

oleh

Uri.co.id, MEDAN-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik tidak akan mengurangi pelayanan selama libur panjang lebaran.

Pihaknya memastikan layanan tetap akan berjalan seperti biasa.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur RSUP Haji Adam Malik, dr Bambang Prabowo MKes.

Ia mengatakan, hanya saja untuk layanan yang diberikan akan diutamakan untuk yang sifatnya emergency, sedangkan untuk rawat jalan sifatnya terjadwal.

“Kami akan tetap buka dan dokter spesialis jaga seperti di IGD juga telah sediakan. Jadi, apabila ada kritikan nantinya, seperti keluhan pasien ke rumah sakit tidak menjadi masalah.
Sebab itu akan menjadi masukan yang bagus bagi perbaikan rumah sakit agar lebih maju kedepannya,” ujarnya, Minggu (26/5/2019).

Kesiapan pihak RSUP Adam Malik Medan juga disampaikan oleh Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUPHAM dr Hutama Abdi Tarigan.

Ia mengatakan, untuk pelayanan di IGD juga akan disiagakan dokter on call.

“Para dokter ini nantinya akan datang bila dipanggil, ketika ada pasien seperti paru atau THT yang membutuhkan perawatan darurat,” ujarnya.

Untuk perawat, sambungnya, sebanyak 20 perawat juga akan tetap bekerja secara normal dihari libur panjang lebaran nanti.

“Para perawat ini, terangnya, akan bekerja dalam dua sift, siang dan malam.
Untuk lantai satu kita tempatkan 10 perawat, dan 10 perawat lainnya kita tempatkan di lantai atas, seperti di ruang isolasi, kebidanan, maupun lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun, Direktur Medik dan Keperawatan RSUPHAM dr Zainal Safri SpPD SpJP juga mengatakan akan memastikan pelayanan tetap berjalan.

RSUP Haji Adam Malik bakal menyiagakan sebanyak lima orang dokter di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut.

Kelimanya ialah dokter spesialis bedah, dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis obgyn, serta dokter spesialis anastesi.

“Jadi biarpun libur (lebaran) keempat dokter ini ditambah anastesi akan tetap ada di rumah sakit,” katanya.

Namun begitu, sambungnya, untuk operasi elektif pada libur nanti sudah tidak dijadwalkan, melainkan hanya operasi yang sifatnya emergency saja yang tetap diberikan pelayanan.

“Sedangkan untuk rawat jalan, RSUPHAM tetap akan memberikan pelayanan bagi pasien yang melakukan sambung obat, dan Farmasi juga sudah menyediakan stok obat-obatan. Jadi mudah-mudahan semuanya bisa lancar,” kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUPHAM dr Zainal Safri SpPD SpJP.

Sementara itu, lebih lanjut dijelaskan Zainal, untuk layanan Hemodialisa (cuci darah), pelayanan ini juga tetap akan dilakukan seperti biasa.

“Begitu pula untuk radiologi tuturnya, pelayanannya tidak akan diliburkan. Jadi selain kelima dokter utama tadi, kita juga menyiapkan para dokter PPDS. Jadi disini mereka akan standby, dan akan tinggal dirumah sakit,” pungkasnya.

(mft/Uri.co.id) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!