Dua Lokasi Penjualan Oleh-oleh Terlengkap dan Terbesar di Kota Medan

oleh

Dua Lokasi Penjualan Oleh-oleh Terlengkap dan Terbesar di Kota Medan

Uri.co.id-Anak dara makan degan, dapat undangan dari pak soleh. Kalau jalan jalan ke kota medan, jangan lupa membeli oleh-oleh. Nah, bagi wisatawan yang datang ke Kota Medan, janga lupa beli oleh-oleh khas medan.

Untuk wisatawan Kota Medan yang ingin membeli oleh-oleh tersebut. Menurut satu di antara sales store oleh-oleh, Aisah, menjelaskan di Kota Medan memiliki dua pusat tempat menjual oleh-oleh khas Medan.

“Setahu aku pusat oleh oleh seperti jualan lapis legit, dan bika ambon khas Medan di jalan Mojopahit dan Jalan Kruing,” ujarnya, , Selasa, (21/5/2019).

Baiklah simak dua tempat atau kawasan yang menjual oleh-oleh khas Kota Medan sebagai berikut.

1. Jalan Mojopahit

Dari pantauan www.medan.com di Jalan Mojopahit terdapat store-store yang menjual oleh-oleh khas Kota Medan. Seperti, Bika Ambon, Lapis legit, risol, orong-orong dan manisan buah-buahan serta bolu.

Sales store Bika Ambon Hajjah Lia, Rina, mengatakan bahwa di Jalan Mojopahit store penjual oleh-oleh tidak tentu mulai operasionalnya setiap hari.

“Kalau store-store di sini tak tentu bukanya ada yang pukul 08.00 WIB ada yang pukul 09.00 WIB. Kalau kami bukanya setiap hari pukul 06.30 WIB sampai pukul 23.00 WIB, ucapnya.

Rina juga menjelaskan bahwa harga bika ambon rasa original sebesar Rp 65 ribuan, kalau untuk bika rasa durian dan rasa pandan sebesar Rp 70 ribuan sedangkan bika rasa keju Rp 75 ribuan.

Apabila harga lapis legit dan bika ambon sangat berbeda, begitu juga dengan buka ubi. Kalau buka ubi seharga Rp 35 ribuan, dan untuk lapis legit sekitar Rp 85 ribuan.

“Kalau Jalan Mojopahit ini jadi pusat jual oleh-oleh seperti bika ambon, lapis legit, makanan khas Medan, sudah ada semenjak tahun1990 -an. Kalau kami baru buka di tahun 2004,” tuturnya.

Selain bika dan lapis legit, Rina juga menjelaskan bahwa di kawasan jalan Mojopahit juga menjual sirup khas Medan yaitu sirup markisa. Sirup tersebut dibandrol dengan harga perliternya Rp 70 ribuan.

Rina juga menjelaskan bahwa di kawasan jalan Mojopahit terdapat kurang lebih 15 store yabg menjual oleh-oleh. Ia juga menambahkan bahwa kawasan tersebut ramai dengan wisatawan luar kota, manca negara setiap weekend.

2. Jalan Kruing

Tempat ke dua pusat oleh-oleh khas Medan, terletak di Jalan Kruing, Kota Medan. Menurut satu di antara sales store oleh-oleh di kawasan jalan tersebut, andita, menjelaskan bahwa kawasan tersebut menjadi tempat pusat oleh-oleh semenjak tahun 1990-an.

Andita mengatakan bahwa di kawasan jalan terebut terdapat kurang lebih 8 store yang menjual oleh-oleh khas Medan.

“Oleh-olehnya itu, bika ambon, lapis legit, manisan jambu, pernak pernik dari medan ya, sama bolu. Kalau buka hampir rata toko di kawasan ini pukul 08.00 WIB,” ujarnya.

Satu di antara wisatawan yang membeli bolu Meranti, Ramli, mengatakan jika ke Medan selalu membeli oleh-oleh di kawasan Jalan Kruing tepatnya di storenya Meranti.

“Ya aku sering beli bolu meranti kalau ke medan, lapis legit juga. Aku dari Jakarta, di sini aku tugas bulanan. Selain itu aku beli oleh-oleh seperti durian ya,” pungkasnya.

(cr22/Uri.co.id) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!