Hanya Dua Caleg yang Gagal Duduk Kembali Hadiri Paripurna DPRD Deliserdang, Sisanya Kompak Absen

oleh

Hanya Dua Caleg yang Gagal Duduk Kembali Hadiri Paripurna DPRD Deliserdang, Sisanya Kompak Absen

Uri.co.id– Puluhan anggota anggota DPRD Deliserdang yang gagal duduk kembali setelah kalah di Pemilu 2019 banyak yang absen pada rapat paripurna.

Rapat ini beragendakan mendengarkan jawaban Bupati atas pandangan fraksi-fraksi terkait laporan pertanggungjawaban keuangan daerah Senin, (20/5/2019).

Saat itu dari 50 orang anggota dewan yang ada hanya 18 orang yang hadir.

Mereka yang datang itu rata-rata adalah dewan yang kembali duduk. Hanya ada dua dewan yang kalah namun tetap hadir yakni Wakil Ketua, Timur Sitepu dan Ketua Fraksi Nasdem, Abdul Rahman.

Dari yang datang itu juga tampak Amriono dan Sulikin, hanya saja politisi PDI Perjuangan dan PAN itu tidak lagi ikut mencalonkan diri.

Pantauan www.Uri.co.id hanya Fraksi PKS yang dewannya datang keseluruhan. Empat dewannya yakni Mara Jaksa Harahap, Saiful Tanjung, Darwis Batubara dan Cece Moh Romli sudah hadir sejak pagi hari.

Mara Jaksa Harahap merupakan satu diantara dewan yang sukses besar pada Pemilu tahun ini. Dari tiga orang anggota DPRD Deliserdang yang mencalonkan diri ke tingkat Provinsi hanya dirinyalah yang berhasil duduk.

“Kalau kita dari PKS memang selalu sering datang,” kata Saiful Tanjung.

Sementara Abdul Rahman dan Ketua DPRD Deliserdang, Riki Prandana Nasution gagal. Paripurna ini diagendakan dimulai pukul 10.00 WIB namun karena jumlah dewan yang hadir sangat minim paripurna pun baru dapat dilaksanakan pukul 11.40 WIB.

Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua, Imran Obos dan dihadiri oleh Wakil Bupati, M Ali Yusuf Siregar.

Meski jumlah anggota DPRD Deliserdang ada sebanyak 50 orang namun hanya 44 orang saja yang kembali mencalonkan diri.

40 orang di antaranya mencalonkan ditingkat II sementara 3 lagi mencalonkan ditingkat I. Satu orang mencalonkan di DPD. Kini hanya 24 orang saja yang duduk kembali.

Caleg yang Masuk DPRD Deliserdang 2019-2024

KPU Deliserdang akhirnya menyelesaikan rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten, Minggu (19/5/2019).

Rekapitulasi akhir yang dibacakan untuk Kecamatan Percut Seituan diselesaikan pada pukul 11.50 WIB.

Setelah selesai dapat diketahui kalau untuk di Kabupaten Deliserdang Partai Gerindra menjadi pemenang Pemilu.

Informasi yang dikumpulkan Nasdem juga berhasil menggeser posisi Partai Amanat Nasional (PAN) di kursi Pimpinan karena berhasil mendapat 6 kursi sementara PAN berkurang menjadi 4 kursi.

Golkar dan PDI Perjuangan juga akan mendapat jatah Pimpinan karena merupakan pemenang kedua atau ketiga dengan jumlah kursi masing masing 7.

Dari 40 orang anggota DPRD Deliserdang yang mencalonkan diri kembali sebagai Caleg di tingkat II, hanya 23 orang yang duduk kembali. Karena hanya mendapat satu kursi, Partai Hanura pun ke depan tidak lagi bisa mendapatkan fraksi.

Dari empat orang dewan yang kembali mencalonkan diri hanya Ketua DPC, Berngap Sembiring yang mampu bertahan. Diprediksi kedepannya akan ada dua Fraksi Gabungan di DPRD Deliserdang. Hal ini mengingat akan masuk Partai Perindo dan PBB.

Dari data yang dikumpulkan, inilah nama-nama caleg yang berhasil melenggang ke DPRD Deliserdang periode 2019-2024:

Dapil I: Mikail TP Purba, Dedi Syahputra, Bongotan Siburian, Henry Dumanter Tampubolon, Bayu Sumantri Agung, Wastiana Harahap, Darwis Batubara, Darbani Dalimunte, Tengku Acmad Tala’a.

Dapil II: Said Hadi, Agustiawan, Hairul Sani, Siswo Adi Suwito, Nusantara Silangit, Gunung, Sa’adah Lubis, Imran Obos.

Dapil III: dr Thomas Darwin Sembiring, Ronald Tarigan, Antonius Ginting, Kustomo, Abdul Rahman, Gambo Tarigan.

Dapil IV: Simon Sembiring, Mangadar Marpaung, Antoni Napitupulu, Zul Amri, Maya Shynta Sianturi, Joni Hendri, Cece Moh Romli, Wahyu Danin, Abdul Hakim Keliat, Berngap Sembiring.

Dapil VI: Kamaruzzaman, Saiful Tanjung, Ismayadi, Irawan, Syahminan Nasution, Misnan Al Jawi, OK Arwindo, Dosiraja Simarmata, Rahmadsyah, Mahadani, Darwis.

(dra/Uri.co.id). ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!